Pengertian Obat Tradisional Beserta Jenisnya, Jamu, Ramuan Herbal

Pengertian Obat Tradisional Beserta Jenisnya

id.wikipedia.orgObat Tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional.

Obat tradisional yang juga dikenal sebagai herbal atau pengobatan alternatif mencakup berbagai praktik kesehatan dengan menggabungkan obat-obatan dari tumbuhan, hewan, terapi spiritual, makanan medis, teknik manual maupun olahraga.

Menurut WHO – Obat Tradisional


Obat tradisional didefinisikan sebagai jumlah keseluruhan semua pengetahuan dan praktik baik yang dapat dijelaskan atau tidak digunakan dalam diagnosis, pencegahan dan penghapusan ketidakseimbangan fisik dan mental dan hanya mengandalkan pengalaman praktis dan pengamatan dari generasi ke generasi. Sedangkan Obat herbal juga dapat didefinisikan sebagai produk jadi yang mengandung bahan aktif yang terkandung dalam tanaman atau bahan lainnya baik dalam keadaan mentah atau dalam keadaan sudah diolah.

Sejarah – Obat Tradisional

Pengertian Obat Tradisional Beserta Jenisnya
Sejak ratuasan tahun yang lalu, nenek moyang bangsa kita memang terkenal pandai dalam meracik jamu dan obat-obatan tradisional. Bahan yang digunakan biasanya dari beragam jenis tumbuhan, akar-akaran, buah-buahan atau bahan alamiah lai yang di racik sebagai jamu guna untuk menyembuhkan, menjaga kondisi badan, mencegah penyakit dan bahkan sebagian untuk mempercantik diri. Dengan kemahiran nenek moyang kita meracik bahan-bahan itu, sehingga tumbuhlah warisan yang secara turun-temurun dikembangkan, dari generasi ke generasi berikutnya, baik masih dengan menggunakan cara tradisional ataupun dengan menggunakan alat modern sepertihalnya jaman sekarang.

Bahkan, Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan saat ini obat tradisional telah digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaan bahannya. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa penggunaan obat tradisional tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

Adapun Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia, Diantaranya :


Tanaman Daun Dewa

Pengertian Obat Tradisional
Daun dewa mengandung senyawa saponin, flavonoid dan minyak atsiri. Daun dewa berkhasiat untuk mengobati muntah darah dan payudara bengkak. Daun dewa bisa juga digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan (pasca keguguran), pereda rasa nyeri (analgesik), penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh.

Daun Kelor

Pengertian Obat Tradisional
Organisasi Kesehatan Dunia WHO menganjurkan setiap bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan serum kolestrol alamiah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dll.

Lidah Buaya

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut, anda cukup mengoleskan lidah buaya ini ke rambut anda, untuk mendapatkan rambut yang lebat. Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

Temulawak

Pengertian Obat Tradisional
Temu lawak merupakan salah satu rempah – rempah yang tumbuh di Indonesia. Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Tanaman Sambiloto

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Tanaman ini juga dipercaya bisa mnyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudia meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.

Tanaman Ciplukan

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman obat yang satu ini sangat familiar ditelinga kita, tanaman obat ini mempunyai buah yang enak rasanya dan disukai oleh anak – anak. Ciplukan biasanya tumbuh di area persawahan. Tanaman obat ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

Tanaman Brutowali

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman obat yang satu ini rasanya pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain brutowali bisa menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa digunakan untuk mengobati luka.

Biji Mahoni

Pengertian Obat Tradisional
Pohon mahoni biasanya banyak sekali tumbuh di pulau Jawa. Selain kayunya yang bermanfaat sebagai bahan baku mebel. Biji dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Tanaman obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, masuk angina, juga bisa menambah nafsu makan.

Tanaman Kumis Kucing

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman obat ini banyak kita temukan di sekeliling kita. Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sakit kencing batu, rematik, batuk, diabetes, dan masuk angin.

Daun Sirih

Pengertian Obat Tradisional
Siapa yang tak mengenal tanaman ini. Semua orang pasti mengenalnya. Tanaman dipecaya sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Caranya cukup mudah anda hanya perlu merebus beberapa helai daun sirih, kemudian basuhlah area kewanitaan anda dengan airnya yang masih hangat, bagus untuk keputihan dan perawatan organ kewanitaan lainnya. Selain itu tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan sakit mata dan mimisan.

Jahe

Pengertian Obat Tradisional
Jahe biasa digunakan untuk penyedap makanan atau minuman untuk menghangatkan badan, selain itu Jahe juga menyembuhkan sakit asma, sakit tenggorokan, dan masuk angin.

Kencur

Pengertian Obat Tradisional
Kencur juga termasuk rempah – rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan bisa menambah nafsu makan.

Selain dari berbagai jenis tanaman, obat tradisional juga bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis hewan dan bumbu dapur.

  • Hewani : Cacing tanah bisa digunakan untuk penyakit tipes, Undur-undur untuk penyakit diabetes, serta jenis fauna lain seperti ulat, bekicot, lintah, teripang emas, ikan salmon dll
  • Bumbu dapur : Cabai untuk pilek, Bawang merah untuk demam, bawang putih untuk penurun kolesterol, Kayu manis untuk mengatasi kanker, dll

Serta banyak juga yang lainnya….

posted by : www.obatherbalhipertensi.web.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *